Sukses

Petumbuhan Anak dan Diet

07 May 2017, 17:30 WIB
Pria, 14 tahun.

Dokter saya ingin bertanya, apakah diusia saya saat ini saya sudah boleh melakukan diet ? Dan bila boleh saya harus melakukan diet apa? Apakah saya harus ke RS untuk konsultasi kepada dokter langsung?

Terima kasih telah bertanya tentang diet anak usia muda dengan menggunakan layanan tanya dokter dari Klikdokter.

Dari segi umur, anda masih dalam masa pertumbuhan dimana tubuh masih memerlukan banyak sumber energi untuk terus tumbuh, sehingga apabila anda membatasi nutrisi yang masuk kedalam tubuh anda dengan program diet, yang ditakutkan adalah terjadi ketidakseimbangan dalam pertumbuhan anda sendiri. Bagi anak seusia Anda yang terpenting ialah mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup dan melakukan aktivitas seperti olahraga untuk menunjang kebugaran tubuh.

Secara umum, yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya.

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang.

Dalam mengatur nutrisi dalam berdiet, yang penting diperhatikan adalah keseimbangan porsi dan nutrisi dalam setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Ini penting karena bagi remaja, asupan nutrisi yang seimbang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan dan keseimbangan hormon dalam tubuh. sebaiknya tetap usahakan setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis, jadi Anda dapat menahan lapar hingga siang. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya.

Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar