Sukses

Iritasi pada Penis Anak

07 May 2017, 17:30 WIB
Wanita, 25 tahun.

malam dok saya tolong berikan infonya ya dok anak saya sudah kemarin itu kena iritasi di kemaluannya karena memakai pampers dan saya berikan salep hydrocotisone iritasinya hilang tetapi anak saya demam sudah 2hari belum sembuh-sembuh tetapi telapak kakinya sangat dingin setiap dia selesai kencing dia mengeluh sakit itu kenapa ya dok? tolong penjelasaannya dok saya sangat khawatir

Terima kasih telah bertanya tentang iritasi penis anak menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.

Iritasi penis anak dapat disebabkan karena infeksi, trauma, dan penyakit lainnya. Gejala yang dialami anak Anda dapat dikarenakan iritasi atau dikenal dengan dermatitis kontak, atau infeksi pada penis (balanitis). Balanitis merupakan peradangan pada daerah glans penis (kepala penis). Balanitis sering ditemukan pada anak yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri aerob atau anaerob, virus, parasit, dan lainnya.

Apabila penyebab anak Anda adalah dermatitis kontak akibat penggunaan popok atau diaper rash, maka Anda harus mengganti popok lebih seringd an menjaga kelembaban bagian penis anak agar tetap kering. Kami tidak dapat memberikan nama produk tertentu karena prinsip impartialitas website ini. Namun penggunaan salep, khususnya pada area kelamin, lebih baik dari hasil anjuran dokter.

Apabila terbukti adanya infeksi, adik Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab. Pemilihan jenis antibiotik perlu disesuaikan dengan jenis kuman penyebab, begitu pula dengan terapi anti jamur atau obat lainnya. Oleh karenanya diperlukan pemeriksaan fisik diagnostik oleh dokter.
Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan kotoran dari lapisan bawah kulit pembungkus kepala penis. Dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat) pada penderita balanitis untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.
Namun perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan diagnosis tersebut. Kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa adik Anda ke dokter untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal.


Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar