Sukses

Onani dan Infeksi HIV

07 May 2017, 11:41 WIB
Pria, 17 tahun.

dok saya sering melakukan onani,setelah saya artikel tentang hiv saya merasa takut apakah onani dapat menimbulkan hiv dokter tolong jawaban nyaaaaa

Terima kasih telah bertanya tentang onani dan HIV melalui fitur Tanya Dokter.

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan dengan frekuensi yang sangat sering.

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi tidak berhubungan dengan resiko terinfeksi nya seseorang dari HIV penyebab AIDS, efek samping onani lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Sedangkan HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan.

Seseorang dengan kebiasaan terlalu sering masturbasi dapat mengalami:

Perubahan pola tidur
Stres & depresi
Ansietas (kecemasan/panik)
Lemas
Kurangnya konsentrasi
Dan pada akhirnya dapat juga menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi (karena faktor-faktor psikologis tersebut).
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan:

Berolahraga
Melakukan hobi
Berpuasa
Beribadah, dan kegiatan positif lainnya.
Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi. Pada dasarnya masturbasi tidak berhubungan dengan kemandulan seorang. Jika Anda merasa bahwa keluhan masturbasi ini telah menganggu aktivitas Anda, kami sarankan agar Anda dapat memeriksakan diri Anda ke dokter umum terlebih dahulu.

 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan terkait onani dan HIV, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar