Sukses

Kehamilan Setelah KB Suntik

07 May 2017, 11:30 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya udah 6 bln menikah pertama menikah sayah kb suntik 3 bln, haid lancar setelah 3 bln saya lepas kb suntiknya,saya tidak haid2 badan sakit, prut kalo naik motor krasa kram sakit, temen saya nyaranin buat d kb pil, katanya buat lancarin haid, saya kb selama satu bulan alhamdulillah lancar haidnya,trus sbln kemudian saya telat haid, saya cek tespek negatif,trus saya cek k dokter, katanya sama negatif jga, kemungkinan itu masih ada hormon dari kb kata dr'a.. pertanyaan saya seberapa lama hormon kb nya akan menghilang dok..??

Terima kasih telah bertanya mengenai kehamilan setelah lepas KB suntik menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan - 1 tahun setelah pemakaian KB suntik dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Namun jika lebih dari satu tahun lepas suntik KB Anda masih mengalami haid yang tidak teratur, kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kehamilan setelah lepas KB suntik, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar