Sukses

Arti Pemeriksaan Mamografi

07 May 2017, 11:30 WIB
Wanita, 45 tahun.

Apa arti hasil pemeriksaan mamografi non-suspicious lymphadenopaty axilla bilateral (BI-RADS C2)


Terima kasih telah bertanya tentang pemeriksaan mamografi menggunakan layanan tanya dokter klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, hasil tersebut menunjukkan adanya benjolan atau tumor kemungkinan besar jinak.

Terdapat beberapa penyebab benjolan payudara. Penegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Pada perempuan berusia di bawah 30 tahun, benjolan tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). Tumor ini terdiri atas gabungan antara jaringan kelenjar dan fibrosa. Fibroadenoma mammae (FAM) terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena peningkatan produksi hormon estrogen. Selain FAM, masih ada penyakit fibrokistik atau dikenal sebagai mammary displasia yang seringkali dialami oleh sebagian besar perempuan dan terkait dengan siklus menstruasi.

Tindakan yang paling sederhana adalah dengan melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)secara periodik sebagai tindakan deteksi dini kanker payudara.

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan setiap dugaannya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis bedah untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Baik FAM ataupun kanker payudara pada umumnya memerlukan tindakan operasi untuk mengangkat massa tumornya. Sebagai alternatif untuk terapi FAM, dapat dilakukan cryotherapy, yaitu membekukan jaringan FAM dengan bantuan jarum (tanpa operasi). Perlahan jaringan yang dibekukan akan terserap dan mengecil dengan sendirinya.

Pada kanker payudara, selain operasi dapat ditambahkan kemoterapi dan terapi radiasi/radioterapi untuk meningkatkan keberhasilan terapi. Bagaimanapun, terapi yang dipilih akan disesuaikan dengan stadium kanker payudara yang dialami oleh seorang pasien.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar