Sukses

Urin Berbau Tidak Sedap

07 May 2017, 05:33 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok kenapa urin saya berwarna coklat tua dan berbau aneh di sertai badan lemas

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan urin berbau tidak sedap, misalnya makan makanan tertentu dapat menyebabkan perubahan aroma urin (petai, jengkol, durian). Kondisi kurang cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lebih bau. Ada juga penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan perubahan aroma urin, tetapi tentunya tidak bisa menegakkan diagnosis penyakit hanya melalui urin berbau tidak sedap.

Dari gejala yang Anda alami yaitu nyeri perut kiri bawah, sering buang air kecil, kencing berbau/berwarna tidak jernih kemungkinan mengarah kepada infeksi saluran kemih atau. Namun diagnosis ini belum pasti, diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium (urin) untuk memastikan. Untuk sementara, minumlah banyak air putih minimal 2 liter/hari, hindari kebiasaan menahan kencing, dan selalu jaga kebersihan daerah kemaluan.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan urin (urinalisa) untuk mengetahui penyebab keluhan anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar