Sukses

Penanganan Sakit Gigi yang Tidak Hilang Dengan Obat - Obatan

06 May 2017, 22:17 WIB
Wanita, 19 tahun.

Permisi dok Saya ani, begini dok, saya ada keluhan pada gigi saya. Jadi saya itu sudah rajin sekali gosok gigi, tapi gigi saya itu berlubang dan rasanya nyeri sekali. Lalu saya obati dengan cara berukumur air garam dan meminum obat cataflam tapi nyerinya hanya reda sementara. Beberapa hari kemudian gigi saya sakit lagi. Tetapi sudah goyang dok, dan sakitnya berasa 2x lipat dan gusi nya bengkak dok.. Jadi apa yang harus saya lakukan dok ? Dan apa yang harus saya konsumsi / tidak ? Tolong dijawab dan dijelaskan secara detail ya dok. Terimakasih 😊

Terimakasih telah bertanya tentang penanganan sakit gigi yang tidak hilang dengan obat-obatan melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan pemaparan yang Anda berikan, kondisi gigi ini membutuhkan suatu perawatan yaitu perawatan saluran akar gigi. Hal ini dilihat dari sudah terjadinya bengkak di gusi yang menandakan saraf gigi sudah non vital atau mati, sehingga saraf gigi yang terinfeksi harus disterilkan. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai perawatan saluran akar gigi. Karies (lubang) pada gigi terjadi akibat infeksi bakteri, yang berakibat kerusakan gigi sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan lubang semakin dalam. Dari yang dangkal sebatas email, makin dalam hingga mencapai dentin.

Jika karies lebih dalam lagi dan sudah mencapai pulpa atau kamar saraf gigi, sehingga tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri.

Meminum obat dan kumur air garam saja tidak dapat menyembuhkan sakit gigi, hanya meredakan gejalanya sementara. Untuk menyembuhkannya dan mencegah agar kambuh kembali maka kami sarankan untuk memeriksakan keluhan anda ke dokter gigi. Sementara menunggu ke dokter gigi, anda bisa konsumsi obat pereda rasa nyeri yang dijual di apotik.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penanganan sakit gigi yang tidak hilang dengan obat-obatan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar