Sukses

Kaki Bengkak Setelah Hamil

06 May 2017, 21:49 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dokter, 4 bln yg lalu saya melahirkan secara caesar. Perlahan lahan berat saya turun krn saya menyusui ASI ekskusif..tp kenapa sampai sekarang ukuran kaki saya blm balik seperti semula ya dok? Sepatu sy blm muat ujung tumitnya..Pdhl berat badan sy perlahan turun. sewaktu hamil memang kaki saya ikutan bengkak jg.

Terima kasih telah bertanya seputar Kaki Bengkak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Normalnya, Kaki bengkak setelah melahirkan akan kembali normal dalam beberapa hari. Pada beberapa hari setelah persalinan, jaringan ekstra, pembuluh darah, dan cairan yang dibutuhkan selama bayi dalam kandungan masih tersimpan dalam tubuh, menunggu untuk pelan-pelan menurun. Hal ini membuat ginjal harus bekerja ekstra untuk mengeluarkan cairan berlebih.

Cairan ini akan diproses oleh ginjal untuk keluar dari tubuh dalam bentuk urine, sehingga Anda akan buang air kecil lebih sering dari biasanya. Di samping itu cairan juga akan keluar dalam bentuk keringat. 

Sementara untuk mencegah berkembangnya pembengkakan pasca persalinan, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan sehat selama hamil. Diet sehat tersebut meliputi:

Makanan protein rendah lemak, seperti daging, telur, dan kacang.
Mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur dan buah tiap hari.
Kurangi konsumsi garam, gula, dan lemak.
Perbanyak konsumsi air mineral untuk membantu ginjal mengeluarkan kelebihan cairan.
Konsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu kerja ginjal, yaitu makanan yang kaya akan vitamin C dan E, seperti jeruk, brokoli, kubis, tomat, dan kacang almond.
Batasi konsumsi makanan kemasan yang biasanya mengandung garam dan zat tambahan berlebih.
Hindari merokok.

 

Bila ada keluhan lain seperti nyeri kepala, nyeri kaki, perbedaan besar antara kaki kanan dan kiri, bengkak dengan kemerahan, atau kaki yang besar ini cukup mengganggu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar