Sukses

Seputar Testis dan Ereksi

06 May 2017, 20:02 WIB
Pria, 19 tahun.

Doc , setelah melakukan onani knp saya merasakan ngilu di testis dan perut ? kejadian serupa trjdi pd 2 bln lalu juga , dan sy juga kalau tidur berbaring mengapa jdi gampangan ereksi terlebih jika tidur malam , apakah iya selama saya tidur it ber-ereksi ? Dan juga sy bca banyak ttg artikel yg mmbuat sya juga cemas . Dan sprrinya testis sy miring sebelah , kiri lebih besar ?

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter
Halo Wahyu,

Nyeri pada testis (Orchialgia) dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya riwayat trauma (benturan), infeksi, operasi, torsio testis (perputaran saluran sperma), hernia. Trauma/cedera pada testis biasanya menimbulkan nyeri sesaat, namun tergantung pada tipe dan beratnya trauma. Torsio testis biasanya menimbulkan nyeri hebat yang mendadak disertai kemerahan dan bengkak pada skrotum. Torsio testis merupakan kondisi emergensi dan biasanya membutuhkan intervensi bedah.

Infeksi yang umum terjadi pada adalah epididimitis, infeksi pada lapisan epididimis testis. Sebagian besar disebabkan oleh infeksi menular seksual, termasuk klamidia dan gonorea (GO). Gejala berupa nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk mual, muntah, demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Terapi utamanya adalah pemberian antibiotik. Epididimitis dapat menyebabkan orchitis (peradangan pada testis) jika tidak diobati dan dapat menimbulkan nyeri hebat.

Kami sarankan untuk memeriksakan masalah Anda ke Dokter Spesialis Urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan palpasi (perabaan dengan jari-jari tangan). Pemeriksaan ini dikonfirmasikan dengan sisi yang tidak sakit. Kemudian pasien akan diperiksa dalam keadaan tidur terlentang, apakah elevasi (pengangkatan) testis akan meningkatkan rasa sakit.

Ereksi bisa saja terjadi tanpa anda sadari, misal saat tidur atau bangun pagi. Ereksi di pagi hari disebut dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT). Hal ini terjadi selama tahap tidur REM (gerakan mata cepat atau rapid eye movement), yaitu tahap tidur dalam saat terjadi mimpi, meningkatnya laju respirasi dan aktivitas otak, serta otot-otot menjadi lebih rileks, yang ditandai dengan gerakan bola mata yaang cepat. Penyebab lainnya adalah meningkatnya hormon testosterone di malam hari. 

Perlu diketahui ukuran testis manusia berbeda antara kiri dan kanan, hal ini merupakan hal wajar. Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar