Sukses

Tangan Sering Tremor

06 May 2017, 21:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo Dok, saya mau tanya tentang tangan saya yang sering tremor. Awalnya tangan saya tremor karena efek minum salbutamol. Setelah saya hentikan konsumsinya, tangan saya masih sering tremor. Saat ini kedua tangan saya yang tremor, tapi tangan kiri tremornya lebih kencang. Saya sudah ke spesialis penyakit dalam, sempat didiagnosis hipertiroid, untuk itu saya diminta melakukan tes darah untuk mengecek kadar hormon TSH dan T4 bebas, juga USG. Semua hasilnya normal sehingga dokter yang menangani saya tidak memberikan obat khusus. Namun saya masih mengalami tremor sampai saat ini khususnya tangan sebelah kiri. Biasanya tremor ini terasa ketika saya sedang membaca buku, tangan kiri saya bergetar dan tidak cukup kuat untuk memegang buku. Selain itu, tremor yang saya alami biasanya lebih kencang setelah saya beraktivitas yang membuat denyut jantung lebih cepat, seperti berjalan kaki cukup jauh (karena saya pada dasarnya memang mudah lelah). Apakah kondisi ini normal atau mengarah pada penyakit tertentu dok?

Terima kasih telah bertanya seputar Tangan Tremor menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kegelisahan dan keresahan yang Anda rasakan. Proses diagnosis membutuhkan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Keluhan tangan gemetar atau dalam dunia medis disebut dengan tremor, dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti :

  • Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, dan banyak lagi.
  • kelainan psikis seperti gugup, stres.
  • Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda.

Untuk sementara ada beberapa tindakan yang Anda dapat lakukan seperti kurangi minum kopi, tidak mengkonsumsi alkohol, perbanyak istirahatkan tangan bila sudah tremor, dan mengkonsumsi vitamin untuk saraf seperti vitamin B 12, B 6. Bila memang semakin bertambah buruk, mungkin Anda akan mendapat obat-obatan yang dapat mengobati tremor Anda dari dokter.

Bila hasil normal, kemungkinan besar penyebabnya berasal dari psikis anda. Namun, jika keluhan dirasakan menganggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis syaraf untuk mendapatkan penangan yang optimal, dan bila mengarah pada psikis, maka anda dapat berkonsultasi dengan psikolog. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar