Sukses

Penanganan Vertigo

06 May 2017, 21:07 WIB
Pria, 23 tahun.

saya mau bertanya tentang penyakit vertigo dok.. dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit vertigo dok? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar vertigo menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  • Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  • Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.


Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya.

Penyebab vertigo dapat bermacam macam yaitu oleh karena ketidakseimbangan kimia dalam otak, gangguan serabut saraf, atau gangguan pada organ dalam telinga. Pengobatan vertigo bertujuan untuk menstabilkan penyebab yang telah disebutkan. Beberapa hal yang dapat meredakan vertigo selain obat pada saat serangan adalah :

  • Pejamkan mata
    Jaga agar kepala tidak bergerak dengan rebahan atau duduk.
  • Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Beberapa terapi yang dapat diberikan adalah terapi dengan obat-obatan, terapi fisik / latihan dan olah raga. Dan jika kedua terapi di atas tidak dapat mengatasi kelainan yang diderita dianjurkan untuk terapi bedah.

Obat-obatan yang biasanya digunakan adalah

  • Antikolinergik / parasimpatolik
  • Antihistamin. Betahistin merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan pada pengobatan vertigo. Penggunaan obat ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, gangguan lambung hingga terjadi tukak, serta ruam kulit.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau spesialis syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar