Sukses

Nyeri Perut Sebelah Kanan

06 May 2017, 20:20 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok saya mau tanya,,saya sering sakit perut sebelah kanan mulai dari perut atas sampai bawah dan sampai menjalar kepinggang sebelah kanan belakang..rasanya nyeri dok,,sakit tiba2, kalau sudah sakit perut itu Rasanya nyeri dan seperti ada yg luka didalam..menusuk jg sakitnya..itu gejala apa ia dok?saya sudah coba usg jg tp dokter tdk ada menjelaskan langsung hanya memberi Catatan keterangan Hasil usg..

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut kanan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah terdapat penjalaran nyeri ke kedua tungkai? Bagaimana dengan buang air kecil Anda, apakah terdapat keluhan?

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Nyeri punggung atau Low back pain (LBP ) dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hat/liveri, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya.

Penyebab paling sering adalah adanya batu atau infeksi di kandung empedu, batu pada saluran kemih dan ginjal juga dapat menyebabkan nyeri, peradangan pankreas, peradangan lambung, infeksi dan peradangan pada hati atau peradangan pada saluran pencernaan.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Pemeriksaan diperlukan untuk memastikan bahwa keluhan Anda disebabkan karena masalah otot, tulang, ginjal, saluran pencernaan atau syaraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar