Sukses

Mata Minus

06 May 2017, 15:06 WIB
Pria, 25 tahun.

Slmt malam dok , Sbelum bertnya saya ingin bercerita sedikit hehe. Kemarin saya mlkukan MCU, salah satuny tes kesehatan mata. Singkt cerita hasilny mata saya Kanan -0,5 , Kiri -0,25 . Dan dnjurkan saya memakai kacamata, tanpa banyak bertnya saya pun langsung membeli kacamata di optik sesuai dgn kbutuhan mata saya. Oh iya saya bkerja di kantor , dan kebanyakan d dpn komputer +-8 jam sehari. Oke lanjut ke pertanyaan saya hehe (maaf dok kalo bnyk) 1. Mnurut dok sndiri, apkah dgn kondisi mata saya tersbut , apa memng sdh seharunya pake kacamata? Mungkin ada cara ato tips dari dokter tanpa mngnkn kacamata? 2. Berhububg sdh terlnjur beli, saya ingin bertnya dok, saya brncana hanya memakai nya pada saat di depan komputer saja (lensa terdapat anti radiasi jug), nah pendapat dokter gmna apakah itu salah dan berbahaya?? 3. Apakah penglihtan saya sdkt krg bersih (blur) apakah disebabkan jga krna terlalu lama d dpn komputer dan kurang tidru (sering lwmbur) ? Oke itu saja pertanyaanya , Terima kasih dok untuk kesedianya menjawab pertnyaan2 saya,. Salam

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri dada kanan melalui fitur Tanya Dokter.

Mata minus dapat dikoreksi dengan menggunakan kaca mata ataupun softlens. Kaca mata dan softlens hanya berfungsi mengkoreksi penglihatan, namun tidak mengurangi minus. Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya Anda juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Sebaiknya selalu gunakan kacatama agar minus tidak bertambah.

Mata minus tidak dapat turun karena faktor usia, namun setelah usia 40 tahun biasanya orang akan mengalami plus (hipermetropia), sehingga pada orang yang mengalami minus mata (miopia), minus akan seperti seolah-olah "menurun". Minus terkadang bisa merupakan faktor keturunan.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang nyeri dada kanan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

1 Komentar

  • Lau******a Dasilva

    siang dok sy mau tya sy pernah minus 6 tp sdh di lasik krn korne mata sy tipis minus sy tdk bsa di ambil semua kr kr msh ada solusi utk lasik yh kusus kornea tipis ada dok makasih