Sukses

Bentol di Kulit Tangan

06 May 2017, 15:01 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya mempunyai riwayat alergi yang banyak. Balsem, kayuputih, minyak angin, koyo, plester luka, dan sea food, belakangan dikedua punggung tangan ada bentol bentol kecil yang akan timbul dan memerah juga terasa gatal dan panas setiap kali terkena panas matahari. Apalagi ketika saya membawa motor dan cuaca sedang panas, gejala di atas akan timbul. Saya siasati dengan memakai sarung tangan tetapi tidak berpengaruh banyak. Apakah itu juga gejala alergi? Mungkinkah hanya terjadi di punggung tangan. Sementara seluruh badan juga terkena panas matahari...? Mohon penjelasannya dok..terima kasih sebelumnya...

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang bentol di tangan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bentol seperti apa yang Anda maksud? Apakah ada obat-obatan atau makanan yang Anda konsumsi sebelum muncul bengkak kemerahan? Jika ya, obat atau makanan apakah?

Jika benar yang anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala.

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
Makanan
Gigitan/sengatan serangga
Trauma fisik
Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
Infeksi (bakteri, virus, cacing)
Gangguan emosional/stres
Faktor keturunan
Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.
Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya.

Namun, hal ini masih merupakan dugaan. Untuk memastikannya, perlu anda periksakan langsung kepada dokter terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang bentol di tangan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar