Sukses

Ruam Popok

06 May 2017, 14:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok anak saya muncul bintik2 merah di sekitar paha dan pantat apakah itu ruam popok atau infeksi jamur. Pertama itu buah zakarnya jadi merah krn pakai popok trus sy pakein baby creamnya zwitzal kok lma2 muncul bintik2 merah yah. Dlu keponakanku pakai baby cream ada perubahan nah ini kok tambah byk munculnya. Tolong dong sebaiknya saya haru bgmna?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang ruam popok melalui fitur Tanya Dokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena:

Popok yang jarang diganti
Bayi sedang mengalami diare
Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya
Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat
Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya
Ketika bayi mulai makan makanan padat
Kulit yang sensitif
Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi.

Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misalkan pada saat tidur siang. Gunakan alas yang besar dan mudah dibersihkan untuk mengantisipasi kotoran dan pipis bayi.

Bila Ibu sudah menemukan produk popok yang cocok untuk bayi, sebaiknya tidak sering berganti-ganti produk karena tidak setiap produk cocok untuk buah hati Anda. Pilihlah ukuran popok yang pas, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Bila Ibu menggunakan popok kain, popok kain harus dicuci dengan teratur dan sering. Hindari mencuci dengan deterjen yang keras dan mengandung pewangi. Bahkan bila perlu bilas popok beberapa kali untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen atau komponen pewangi dari popok.

Ibu juga perlu memperhatikan bahan-bahan apa saja yang berkontak dengan kulit bayi, termasuk minyak untuk bayi, pelembab, bedak, sabun, dan produk-produk lainnya yang digunakan di kulit. Jika ada produk yang diduga tidak cocok dengan kulit bayi, sebaiknya penggunaan produk tersebut segera dihentikan.

Untuk mengatasi ruam popok dapat digunakan krim yang mengandung zinc oxide. Namun jika tidak bisa disembuhkan dengan krim tersebut, mungkin jamur telah menginfeksi ruam tersebut, sehingga dibutuhkan juga krim antijamur. Kami menyarankan agar Anda membawa anak berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ruam popok. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar