Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Tidak Mood Berhubungan Seks

06 May 2017, 14:08 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok.. Mau tanya..apakah klo wanita yg suntik KB itu..mempengaruhi rsa/mengurangi mood buat berhubungan badan ya...dan solusinya apa ya biar pasangan bsa kmbali mood saat berhubungan badan....makasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang hubungan seks melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi yang istri Anda alami saat ini bisa jadi merupakan disfungsi seksual pada wanita yang meliputi gangguan keinginan, gangguan stimulasi, gangguan orgasme, dan gangguan nyeri seksual. Penyebab dari disfungsi seksual wanita dapat disebabkan karena gangguan psikologis, gangguan fisiologis, penyakit, obat, dan banyak lagi.

Untuk mengeksplorasi masalah yang mendasari terjadinya disfungsi seksual pada wanita, perlu ditinjau masing-masing dari sudut psikologis dan medis yang dapat mempengaruhi. Diantaranya adalah:

Faktor Psikologis :

Konflik intrapersonal meliputi:
Keyakinan yang bersifat tabu, merasa terasing, konflik identitas seksual, rasa bersalah (misalnya pada janda dengan pasangan baru).

Faktor sejarah meliputi:
Pengalaman dilecehkan (seksual, verbal, fisik), perkosaan, belum pernah mendapat pengalaman seksual.

Konflik interpersonal meliputi:
Konflik hubungan, perselingkuhan, baru saja mengalami pelecehan secara fisik, verbal atau seksual, libido seksual, perbedaan keinginan dengan pasangan, kurangnya komunikasi seksual.

Faktor Depresi dalam hidup / Stress meliputi:
Kondisi keuangan, keluarga atau masalah pekerjaan, penyakit atau kematian anggota keluarga, depresi.

Faktor Medis :

Menjelang masa menopause, kondisi payudara, elastisitas vagina berkurang, penurunan produksi lendir, penyakit medis (diabetes, hipertiroid, peradangan vagina, dan sebagainya).

Dari penjelasan Anda, sepertinya faktor psikologis memiliki peranan penting dalam masalah yang Anda alami. Apakah istri Anda pernah mengalami pengalaman buruk atau trauma psikologis tertentu, misalnya masalah keluarga, patah hati, pelecehan seksual, dan sebagainya?

Untuk menentukan seseorang mengalami gangguan psikis diperlukan wawancara medis mendetil dengan pasien secara langsung, tidak bisa hanya dengan konsultasi singkat seperti ini atau melalui orang lain. Jika perlu, Anda dan istri dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri. Jika masalah psikologis bukan penyebabnya, maka Anda dan istri dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungand dan kebidanan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang hubungan seks. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar