Sukses

Mengatasi Keseringan Bersendawa

06 May 2017, 09:36 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat sore dok,, saya ingin menanyakan tentang penyakit ayah saya yang sering sendawa secara terus menerus setelah batuk,, setelah diperiksa katanya asam lambungnya naik,, bagaimana cara mengatasi seringnya sendawa itu?

Terima kasih telah bertanya mengenai sering bersendawa melalui fitur Tanya Dokter.

 Dalam dunia medis, bersendawa dikenal dengan istilah aerofagia. Meskipun bukan penyakit, bersendawa bisa membuat seseorang tidak nyaman dan malu terbentur kesantunan. Penyebab sering bersendawa di antaranya ialah:

  • Menelan udara. Jika udara yang ditelan tidak disendawakan, udara ini akan melalui saluran pencernaan, dan dikeluarkan melalui anus sebagai flatus (kentut). Menelan udara berlebihan dapat menyebabkan cegukan.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, seperti biji-bijian, brokoli, minuman bersoda, dan bir. 
  • Konstipasi dapat menyebabkan kembung namun tidak meningkatkan jumlah gas dalam saluran cerna.
  • Efek samping obat atau suplemen seperti obat antinyeri golongan narkotik, vitamin, suplemen besi dan obat-obatan untuk mengatasi konstipasi.
  • Perubahan kadar hormon. Sebagian wanita akan mengalami kembung sebelum haid.
  • Hamil.
  • Otot perut melemah karena kehamilan atau operasi perut.
  • Kegemukan.

Sering sendawa pada umumnya juga dapat disebabkan karena perut kembung. Untuk itu, kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:

Berikut hal-hal yang dapat ayah Anda lakukan untuk mengurangi frekuensi sendawa:

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda).
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari. 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Konsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog). 
  6. Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.
  7. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu. 
  8. Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. 
  9. Hindari merokok.
  10. Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan membuat udara lebih mudah keluar dari perut

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sering bersendawa. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar