Sukses

Keluhan Setelah Operasi LASIK

06 May 2017, 09:43 WIB
Pria, 18 tahun.

seminggu yang lalu saya melakukan operasi lasik untuk kedua mata saya, apakah saya di perbolehkan untuk melakukan gerakan menunduk ataupun bersujud (gerakan sholat)?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Setelah operasi, mata akan mengalami perasaan terbakar, gatal, dan berair. Selain itu mungkin dapat terjadi pandangan kabur, sensitif teradap cahaya, glare, dan fluktuasi dalam penglihatan. Anda dapat diberikan obat untuk meredakan rasa sakit atau tetes mata untuk membuat mata merasa nyaman. Gejala-gejala ini akan membaik dalam waktu beberapa hari setelah operasi. Dokter akan meminta untuk tidak menggosok mata, tidak membasuh muka dan mengenakan make-up, serta mengenakan pelindung mata di kala malam dan kacamata di luar rumah sampai mata menyembuh sempurna.

Kontrol dilakukan dalam 24 – 48 jam setelah operasi dan rutin berkelanjutan setidaknya dalam waktu 6 bulan pertama. Pada kontrol pertama kali setelah operasi, dokter akan memeriksa mata secara keseluruhan dan tajam penglihatan. Dokter juga dapat memberikan tetes mata untuk mencegah infeksi atau peradangan pada mata. Kontrol dilakukan selama 3 bulan setelah selesai operasi. Untuk mencegah infeksi, sebaiknya tunggu sampai 2 minggu atau sesuai dengan saran dokter sebelum menggunakan krim, make-up, lotion sekitar mata. Dokter mungkin menyarankan untuk sering membersihkan bulu mata untuk menghindari infeksi. Sebaiknya menghindari olahraga yang dapat mengakibatkan trauma pada mata, hindari berenang atau berendam di air panas.

Olahraga dengan risiko trauma pada mata seperti tinju, karate, sepak bola, sebaiknya tidak dilakukan selama 4 minggu setelah operasi. Sangat penting untuk melindungi mata dari trauma. Membutuhkan waktu sekitar 3 – 6 bulan agar penglihatan menjadi stabil. Apabila anda mengalami gejala yang mengganggu atau bertambah parah setelah operasi, segeralah hubungi dokter anda. Gejala tersebut mungkin merupakan pertanda adanya masalah atau komplikasi yang dapat mengakibatkan kehilangan daya pandang.

Akan lebih tepat jika anda segera memeriksakan diri kepada dokter mata yang menangani anda untuk mencegah adanya kondisi komplikasi yang tidak diinginkan. Untuk sementara anda dapat menutup kembali perban mata anda hingga bertemu dengan dokter spesialis mata Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar