Sukses

Sakit Pada Langit-Langit Tidak Nyaman Untuk Makan

06 May 2017, 01:39 WIB
Pria, 22 tahun.

Permisi dok.. Tadi pagi saya makan sarapan dengan suami saya .. Awalnya saya makan gorengan yg agag keras dan mengenai langit2 atas lidah .. pertamanya sedikit tidak terasa nyeri sekarang kok senut2 sampai kaya mau lepas ini gigi dok.. ga nyaman buat makan juga.. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang sakit pada langit-langit tidak nyaman untuk makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Rasa sakit pada langit-langit mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

1. Burn atau Terkena makanan dan minuman yang panas.

Luka ini terjadi akibat anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas. Biasanya akan sembuh dalam 3-7 hari. Menurut kami kemungkinan keluhan anda disebabkan oleh factor ini. Untuk menangani keluhan ini, konsumsilah makan yang lembut dan minuman yang dingin. Jika lebih dari 7 hari tidak sembuh maka segera periksakan ke dokter gigi.

2. Sariawan.

Sariawan juga dapat timbul di langit-langit. Bentuk lukanya bulat dan sangat sensitif. Faktor penyebabnya bervariasi, mulai dari gangguan sistem imun, dan dipicu oleh berbagai faktor seperti stres, makanan tertentu yang bersifat keras dan perubahan hormonal. Sariawan akan sembuh dalam 1 minggu. Dokter gigi akan memberikan terapi sesuai dengan gejalanya. Jika sariawan belum sembuh setelah 2 minggu, sebaiknya anda periksakan ke doktre gigi umum atau dokter gigi spesialis penyakit mulut.

3.Cold Sores

Luka/sariawan di langit-langit mulut yang sukar sembuh, kemungkinan besar termasuk “cold sores”. Sariawan ini disebabkan karena Virus Herpes Simplex dan bisa ditemukan di bibir dan langit-langit mulut. Sariawan ini sangat sakit, berupa bintil berisi cairan, bila bintil tersebut pecah dan mengeras, rasa sakitnya akan berkurang. Biasanya akan hilang dalam waktu8-10 hari. Sementara itu usahakan untuk tidak menyentuh area itu. Jika lebih dari 10 hari belum sembuh, maka periksakanlah ke dokter gigi.

4. Kanker Mulut

Sariawan di langit-langit bisa jadi merupakan tanda adanya kanker mulut. Jika sariawan lebih dari 2 minggu segera periksakan ke dokter gigi anda. Sebagian besar Kanker mulut pada stadium awal dapat disembuhkan, oleh karena itu penting sekali untuk memeriksakan sariawan yang tampak mencurigakan ke dokter gigi. Dokter gigi akan merujuk anda ke dokter gigi spesialis bedah mulut untuk evaluasi dan biopsi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sakit pada langit-langit tidak nyaman untuk makan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar