Sukses

Gigi Ngilu Kena Hembusan Angin

06 May 2017, 00:28 WIB
Pria, 25 tahun.

Dokter saya mau bertanya. Saya merasakan ngilu pada gigi graham bagian bawah padahal gigi tersebut tidak goyang dan tidak terlihat berlubang. Dan ngilu yang saya rasakan terjadi saat saya terkena hembusan angin ngilu yang saya rasakan terkadang sampai ke otak. Apa obat yang harus saya minum atau bagaimana cara menanggulanginya. Trima kasih dokter sebelumnya

Terimakasih telah bertanya tentang gigi ngilu kena hembusan angin melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, bila gigi terkena hembusan angin ngilu sampai ke otak, maka dugaan kami bisa jadi anda memiliki gigi sensitif atau terdapat karies tersembunyi di sela-sela gigi yang hanya dapat dilihat dengan melakukan foto rontgen.

Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Kami sarankan untuk anda memeriksakan keluhan gigi ngilu yang kemungkinan adalah gigi sensitif ke dokter gigi. Lakukan foto rontgen jika penyebab gigi sensitif sudah dieliminir. Sementara sambil menunggu ke dokter gigi anda dapat minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi ngilu kena hembusan angin, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar