Sukses

Bahan Yang Dimasukkan ke Dalam Bekas Pencabutan Gigi

05 May 2017, 11:43 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya kemarin selasa mencabut gigi geraham dan setelah di cabut saya diberi sesuatu seperti kapas atau kasa atau apa gitu saya tidak tau. dan dokter yang menangani saya hanya memberi tahu sedikit info saja dan tidak memberikan instruksi apa apa. padahal saya baru pertama kali mencabut gigi dan tidak tahu menahu untuk menanganinya. apa yang harus saya lakukan dok? karena benda yang menempel di gigi yang sudah di cabut ini tidak bisa terlepas atau memang tidak boleh di lepas? saya juga tidak diberi obat apapun dari dokter terkait. saya bingung saya tidak tahu apa apa. mohon penjelasannya dok, terima kasih.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang bahan yang dimasukkan ke dalam bekas pencabutan gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami bahan yang dimasukkan ke dalam luka bekas pencabutan adalah Spongostan. Bahan berupa bongkahan Sponge kecil berFungsi untuk membantu membentuk bekuan darah agar mempercepat penyembuhan. Bahan ini tidak perlu anda lepas atau keluarkan lagi karena akan diserap dan menyatu dengan jaringan gusi. 

Instruksi setelah pencabutan gigi yang perlu diperhatikan:

- Jangan sering berkumur, karena dapat melepas bekuan darah.

- Jangan sering memainkan atau menyenggol luka bekas pencabutan dengan lidah.

- Jangan sering membuang ludah, karena bekuan darah yang sudah terbentuk bisa ikut lepas terbuang.

- Jangan sering menghisap-hisap luka bekas pencabutan, supaya bekuan darah tidak lepas.

- Jangan minum yang panas. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang dingin untuk membantu menghentikan perdarahan.

- Usahakan makan yang lunak selama beberapa hari sampai luka bekas pencabutan mulai menutup.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bahan yang dimasukkan ke dalam bekas pencabutan gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar