Sukses

Pasca Keguguran Dan Program Hamil

05 May 2017, 20:23 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok.saya pernah keguguran di usia bayi 3 minggu.itu kata dokter saya tidak usah dikuret karna hasil usg rahim saya bersih dan bagus.tapi setelah saya keguguran itu mens saya berantakan alias tidak teratur saya pergi ke dokter kandungan dan periksa dikasih obat inlacin,mefinal,glisodin.trus selang seminggu saya haid kata dokter klo haid ke 2 dsruh ke rs lagi sya ksana cuma dkasih obat cycloprogynova.apkah itu obat mmpengaruhi saya untuk promil dok.apakah boleh dminum juga pas lagi hb atau pun dtamhabin sama minum susu prenagen karna saya promil pakai susu juga.trimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar Keguguran dan Program Hamil

Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang akan kami ajukan pada anda,

apakah diagnosis dari dokter kandungan tersebut?

pemeriksaan apa sajakah yang telah dilakukan oleh dokter kandungan ?

sudahkah anda berkonsultasi program kehamilan dengan dokter kandungan tsb?

Apakah anda memiliki keturunan atau mengidap penyakit bawaan seperti jantung, tekanan darah tinggi atau gula?

Obat inlacin merupakan obat untuk menurunkan gula darah, serta obat yang digunakan dalam mengobati Policystic Ovary Syndrome (PCOS) atau Sindroma ovarium polikistik. PCOS adalah kelainan pada ovarium akibat ketidakseimbangan hormon. PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita.

Gejalanya yang ditimbulkan diantaranya mentruasi tidak teratur, gangguan kesuburan, gangguan pematangan sel telur, gangguan metabolisme lemak, peningkatan berat badan dan sebagainya.

Obat mefinal merupakan golongan asam mefenamat yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti nyeri.

Obat cycloprogynova merupakan obat pengganti hormon/ hormon replacement therapy.

Susu yang anda konsumsi aman dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan tersebut karena susu tersebut mengandung vitamin dan kalori tambahan untuk mempersiapkan kehamilan.

Setiap pengobatan yang diberikan oleh dokter kandungan harusnya sudah berdasarkan hasil wawancara mendalam dan pemeriksaan fisik serta penunjang pada anda. Obat-obatan yang diberikan sudah berdasarkan semua pertimbangan dari spesialis kandungan.

Kami sarankan agar anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan terkait dengan obat-obatan yang anda konsumsi. 

Agar bisa hamil, dibutuhkan sel sperma dan sel ovum yang sehat. Karena itu, baik pria dan wanita harus menjaga kondisi tubuhnya agar bisa menghasilkan sel sperma dan ovum yang baik. Berikut ini adalah kiat-kiat alami agar cepat hamil:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Bagaimana caranya untuk mengetahui waktu ovulasi Anda?

Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.

Apabila siklus haid Anda tidak teratur, lihat periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir. Misalnya siklus terpanjang 35 hari dan siklus terpendek 21 hari. Hari 1 adalah hari pertama haid. Masa subur Anda berada di (21-18)/hari 3 hingga (35-11)/hari 24. Di antara hari ke-3 hingga ke-24 ini Anda memiliki peluang untuk hamil.

Apabila masa subur sulit diperkirakan, hubungan intim dianjurkan setiap 2 hingga 3 hari untuk meningkatkan peluang hamil.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu
Berhubungan intim setiap hari di masa subur
Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres
Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda
Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat

3. Hindari hal-hal berikut ini:

Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokter
Exercise yang berlebihan

4. Tingkatkan kualitas sperma dengan:

Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang
Minum vitamin yang mengandung seng, kalsium, asam folat, vitamin C, D, dan E

5. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks

Mengenai tes kesuburan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan pemeriksaan hormon reproduksi seperti kadar progesteron dan estrogen, atau pemeriksaan Anti-Mullerian Hormone (AMH) untuk melihat apakah jumlah sel telur Anda sesuai dengan usia biologis Anda. Umumya pemeriksaan-pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER), sehingga kami anjurkan Anda melakukan pemeriksaan dengan beliau. Selain itu, dokter pun akan mengevaluasi ulang organ-organ reproduksi Anda melalui USG.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar