Sukses

Transfusi darah

05 May 2017, 18:27 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, nama saya rifa. Saya ingin brtanya soal adik saya yg menderita kekurang sel darah merah jg sel darah putih Dan dokter menyaranan untk tranfusi darah until kedua darah trsebut. Saat kmi sdh dpt pendonor dgn glongan darah yg sama to knp untk sel darah putih nya tdk bisa dlakukan trnsfusi apalagi dtempat kmi cukup sulit mendapatkan donor untk darah putih? Apakah org dengan glongn darah yg brbeda bisa mendonorkan sel darah putih nya dok? Dan apa solusi nya dok? Trima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang transfusi darah melalui fitur Tanya Dokter.

Leukosit dapat menurun dalam berbagai kondisi, infeksi dengue, tifoid, penggunaan obat tertentu, daya tahan tubuh menurun (imunodefisiensi), anemia aplastik, kegananan (kanker), dll.  Apakah penyebab dari kekurangan sel darah merah dan sel darah putih adik Anda? Berapakah nilai dari laboratoriumnya? 

Melakukan transfusi sel darah putih sebaiknya atas anjuran dan pengawasan dokter yang ahli dibidang tersebut, seperti dokter konsultan hematologi dan onkologi medik. Transfusi tersebut mungkin sulit dilakukan di rumah sakit di tempat Anda, karena keterbatasan alat meningat prosedur nya yang cukup rumit. Sulit bagi kami untuk menyarankan terapi bagi adik Anda karena keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik pada adik Anda dan informasi yang Anda berikan sangatlah singkat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang transfusi darah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar