Sukses

Infeksi Saluran Cerna

05 May 2017, 17:22 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore dokter. 2 pekan yg lalu sy periksa krn ada diare berhari2 dan menurut pemeriksaan sy terkena infeksi saluran cerna dan ada rasa nyeri di perut bawah. Tapi ada bbrp obat yg tidak sy minum sampai saat ini karena takut jika minum obat ini mengantuk sedangkan sy sedang ujian. Jadi sy hanya konsumsi jus buah manggis untuk memulihkan vitalitas. Tapi utk saat ini keluhan nyeri masih sy rasakan. Sy khawatir infeksi msh ada, nah apakah obat dr dokter berupa Enzycomb utk enzim pencernaan, antibiotik Xeficime dan pereda nyeri masih aman dan boleh sy konsumsi utk saat ini. Karena sampai saat ini terkadang masih muncul rasa nyeri dan badan tiba2 meriang dan kadang sampai keringat dingin. Terima kasih dokter atas jawabannya.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang infeksi pencernaan melalui fitur Tanya Dokter.

Infeksi saluran pencernaan yang umumnya terjadi berkaitan dengan keluhan diare, dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit, dll. Tipes, merupakan salah satu bentuk infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Oleh karena itu, pengobatannya berbeda disesuaikan dengan penyebabnya. Pada kondisi yang tidak disertai komplikasi, penyakit ini dapat diterapi dengan obat medis hingga tuntas. Untuk itu, segera periksakan diri Anda kepada dokter terdekat.

Jika Anda diberikan antibiotik oleh dokter, sebaiknya konsumsilah hingga tuntas. Karena jika antibiotik tidak dikonsumsi hingga tuntas bisa menyebabkan resistensi antibiotik atau tubuh Anda menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang infeksi pencernaan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar