Sukses

Golongan Darah Saya Berbeda Sendiri, Apa Penyebabnya?

05 May 2017, 16:11 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya 5 bersaudara dan saya anak bungsu. saya bergolongan darah O ketika sy pernah cek gol darah, ketika sy tanya kakak kakak sy mereka semua bergolongan darah A. Hanya sy sendiri yg bergolongan darah O. Apakah bisa seperti itu dok? Apa saya yg ternyata bukan anak kandung ? Terima ksh dok.

Terimakasih telah bertanya seputar golongan darah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dalam sistem golongan darah A, B, AB, dan O, terdapat istilah homozigot dan heterozigot. Golongan darah A dan B memiliki kemungkinan homozigot dan heterozigot.

Golongan darah A homozigot memiliki alel IAIA, sedangkan golongan darah A heterozigot memiliki alel IAIO. Begitupun dengan golongan darah B homo- dan heterozigot. 

Untuk golongan darah AB memiliki alel IAIB dan golongan darah O memiliki alel IOIO.

Secara medis, yang Anda alami itu bisa terjadi apabila ayah dan ibu Anda memiliki kemungkinan golongan darah sebagai berikut:

1. Ayah atau ibu keduanya bergolongan A heterozigot: 75% anak yang dikandung berpeluang golongan darah A, dan 25% bergolongan darah O.

 

IA

IO

IA

A

A

IO

A

O

 2. Ayah atau ibu bergolongan A heterozigot dan O: 50% anak yang dikandung berpeluang golongan darah A, dan 50% bergolongan darah O.

 

IA

IO

IO

A

O

IO

A

O

 3. Ayah atau ibu bergolongan A dan B heterozigot: 25% anak yang dikandung berpeluang golongan darah A, dan 50% bergolongan darah O. 

 

IB

IO

IA

AB

A

IO

B

O

Melihat berbagai kemungkinan ini, yang paling mendekati kondisi Anda adalah poin no. 1.

Mengenai masalah anak kandung atau tidak, tidak hanya terkait golongan darah. Uji yang paling valid untuk mendeteksi anak kandung atau tidak adalah melalui tes DNA.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar golongan darah. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar