Sukses

KB Suntik dan Kehamilan

05 May 2017, 15:09 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat sore Dok, Dok saya ibu RT menggunakan KB suntik(1bulan) dengan suami saya menggunakan KB kondom dan biasanya siklus haid saya teratur tiap bulannya,tapi untuk bulan ini saya telat 1 bulan. yang saya tanyakan Dok apakah saya hamil dengan saya dan suami menggunakan KB?,tetapi saya tespack hasilnya negatif atau ini diakibatkan KB suntik(1 bulan ) Dok? terima kasih Dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Salah satu efek samping suntik KB 1 bulan yang cukup sering ialah gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang. Pada kasus Anda, siklusnya menjadi memendek. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun. Jadi, tunggu saja. Apabila siklusnya tak kunjung normal dan ini mengganggu Anda, Anda dapat mengganti metode KB yang non hormonal.

Kembalinya kesuburan setelah lepas KB berbeda-beda tergantung metode KB yang digunakan. Secara garis besar terdapat dua macam metode KB yaitu yang hormonal dan non-hormonal. KB hormonal terdiri dari pil KB, KB implan dan KB suntik. Sedangkan KB non hormonal terdiri dari IUD (spiral) dan tubektomi (kontrasepsi mantap/steril). 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang KB suntik. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar