Sukses

Susah BAB dan Wasir

05 May 2017, 15:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dokter saya sedang sembelit dan wasir sejak 3 hari lalu. Saya tidak ingat kapan terakhir bab. Saya sudah minum obat pelunak tinja dan pengempes wasir tapi masih belum bisa bab meski tinja sudah lunak. Jika mengedan sakit sekali dan wasirnya keluar. Saya harus bagaimana ya dok? Tolong dibantu. Terima kasih dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang susah BAB dan wasir melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Sembelit merupakan kondisi dimana terjadinya kesulitan melakukan BAB sehingga frekuensi BAB berkurang dan disertai dengan feses yang keras. Orang yang sering mengalami sembelit cenderung lebih sering mengedan di WC, ditambah dengan BAB keras yang dapat menyebabkan lecet pada daerah dubur sehingga dapat menyebabkan BAB berdarah dan wasir.

Nah, wasir ini sendiri ada yang berada di dubur bagian dalam, dan ada yang berasa sekitar dubur. Wasir yang berada sekitar dubur juga memiliki beberada derajat. Pada derajat awal, wasir dapat masuk kembali ke dalam dubur dengan sendirinya sedangkan pada derajat yang lebih parah wasir sudah tidak dapat masuk kembali ke dalam dubur.

Sebaiknya anda berkonnsultasi dengan dokter spesialis bedah. Dokter akan memeriksa terlebih dahulu kondisi wasir anda dan bagaimana tingkat keparahannya. Ada beberapa pilihan terapi seperti terapi obat-obatan, suntik, pengikatan, dan pembedahan. Pilihan terapi akan disesuaikan dengan derajat dan besarnya wasir yang anda alami. Anda dapat mendisuksikan dengan dokter bedah anda mana pilihan terbaik untuk kondisi anda. Semakin cepat diatasi, maka kemungkinan penyembuhan akan semakin besar.

Untuk sementara, di rumah anda harus mencegah sembelit agar wasir anda tidak semakin parah dengan cara minum air yang banyak, makan serat yang banyak, dan membiasakan BAB rutin setiap hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang susah BAB dan wasir. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar