Sukses

Mata Anak Juling

05 May 2017, 13:16 WIB
Pria, 26 tahun.

Halo Dok, Saya ingin menanyakan mengenai anak saya. Saat ini berusia 5 bulan. 1. Matanya kenapa tidak fokus ya dok? seperti juling, apakah itu normal? gimana caranya menstimulasi agar mata anak saya normal? 2. diumurnya sekarang, dia belum begitu lancar untuk balik badan setelah tengkurap sendiri, dia juga agak males untuk menggerakan badannya, apa yang harus saya lakukan agar anak saya lincah?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang mata anak juling melalui fitur Tanya Dokter.

Mata juling berarti ketidakserasian mata dalam melihat, yang dapat mengarah ke luar (eksotropia) atau ke dalam (esotropia). Mungkin Anda pernah melihat bahwa mata bayi tidak simetris, dengan bagian hitam mata bergerak ke arah yang tidak sesuai.

Pada fase awal kehidupan, bayi sedang belajar untuk menggunakan matanya dengan baik. Otak juga baru mulai menangkap berbagai sinyal dari dunia luar. Keadaan ini masih dikategorikan normal sampai usia enam bulan. Namun jika mata bayi masih tidak simetris di atas usia enam bulan, maka gangguan penglihatan perlu diwaspadai.

Salah satu pemeriksaan mata yang digunakan untuk mendeteksi mata juling adalah pemeriksaan Hirschberg. Pemeriksaan ini dapat dijadikan pemeriksaan awal untuk melihat apakah seseorang memiliki mata juling.

Pemeriksaan Hirschberg dilakukan dengan menyinari mata dengan cahaya pada kedua mata pasien. Refleks cahaya pada kornea mata dilihat. Pada seseorang dengan mata yang normal, refleks mata akan jatuh tepat di tengah kornea atau sedikit ke arah tengah (0.5 mm dari aksis pupil). Jika ada gangguan dari refleks pupil ini, maka cahaya akan jatuh lebih ke tengah atau ke samping.

Maka untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan anak Anda langsung ke dokter spesialis anak. Sedangkan mengenai perkembangan, bayi usia 5 bulan umumnya sudah dapat tiarap, berguling, mengangkat kepala sendiri. Selain itu, jika diberi suara bayi akan berpaling ke arah sumber bunyi. Bagaimana dengan perkembangan lainnya ini, adakah masalah yang ibu perhatikan? Bila Ya, maka sah-sah saja jika ibu mengonfirmasi kekhawatiran tersebut dengan memeriksakan anak ke tumbuh kembang. Lain halnya bila hampir semua tanda perkembangan tampak baik-baik saja, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda. Berikanlah stimulasi lebih banyak pada anak untuk menambah kecepatan perkembangannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang mata anak juling. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar