Sukses

Sakit Gigi Berlanjut Sampai Komplikasi Saraf

05 May 2017, 10:13 WIB
Wanita, 50 tahun.

Sepertinya masalah ada pada saraf nya dok. Gini, ibu saya itu sakit di bagian mulut nya lebih tepatnya daerah gigi, sakitnya itu tidak hilang2 kalopun hilang mungkin dari satu hulan hanya setengah hari. Level sakitnya itu kalo 1 sampai 10, yang ibu saya rasakan bisa sampai 1000. Dulu sebelum ibu saya sakit seperti ini, dia ke dokter gigi karena sakit gigi biasa. Lalu oleh dokter gigi itu di cabut giginya pada waktu sakit, setelah itu karena masih sakit, balik lagi ke situ terus malah dicabut lagi gigi yang bagus nya dan setelah kejadian itu mulai lah si sakit ini terus menerus sampai sekarang. Sakitnya itu sudah bertahun-tahun dok, sudah ke ahli saraf terus dikasih obat, satu periode obat, tidak hilang2 sakitnya reda pun tidak. Balik lagi ke dokter, g Dikasi obat, satu periode obat habis masih gitu2 lagi. Sakitnya reda (bukan hilang) karena dikasi obat penghilang rasa sakit aja. Gak gerak aja sakit, apalagi gerak tambah sakit dok. Makan aja susah harus nahan sakit, makan buburpun susah. Gosok gigi aja sakit, sampai karena keadaan seperti itu karang giginya mulai tumbuh2. Tolong dok diagnosanya. Sudah bertahun2 seperti ini. Tidak ke dokter yang mahal karena masalah biaya dok.

Terimakasih telah bertanya tentang sakit gigi berlanjut sampai komplikasi saraf melalui fitur Tanya Dokter.

Dalam hal ini sangatlah sulit bagi kami untuk menentukan apakah penyebab pasti dari rasa sakit yang ibu Anda alami karena sejatinya diperlukan pemeriksaan secara langsung atau bahkan diperlukan juga pemeriksaan pendukung seperti pemeriksaan radiografi, karena sakit gigi dapat terkait berbagai macam hal seperti lubang pada gigi atau kerusakan serta kebocoran yang telah mencapai kamar saraf gigi (pulpa) atau karena infeksi.

Dan hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi obat antibiotik tanpa resep dari dokter dan tidak sesuai aturannya. Sebaiknya kembali periksakan keadaan tersebut ke dokter gigi lainnya untuk mencari second opinion, dan ibu Anda juga harus tetap menjaga kebersihan gigi serta rongga mulut seperti dengan tindakan pembersihan karang gigi karena kebersihan yang tidak terjaga dapat memperburuk kondisi kesehatan gigi serta rongga mulut.

Memang butuh kesabaran dalam menangani keluhan seperti ini, untuk menanganinya perlu intergrasi dari beberapa dokter spesialis. Kemungkinan penyebab harus diperiksa satu persatu. Kami sarankan untuk mencari second opinion ke beberapa dokter gigi spesialis bedah mulut, spesialis konservasi gigi jika sudah dilihat melalui rontgen panoramic pada gigi sudah benar-benar tidak ada kerusakan, maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf lainnya yang benar-benar paham nengenai persarafan gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sakit gigi berlanjut sampai komplikasi saraf, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar