Sukses

Menghitung Usia Kandungan

04 May 2017, 12:05 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dok saya nikah pada tanggal 9 april 2017 nah haid itu maret awal bulan sekitar tanggal 9 dan kalau april kemaren tanggal 1 april.. Waktu sekitar 1 minggu pernikahan saya iseng" untuk tespack hasil nya garis 1 sudah 2x di coba nah sekarang saya telat haid saya iseng juga dok karna sudah telat 2 hari atau 3 hari.. Dan hasil nya positif tp samar ya dok usia kandungan sya itu sekarang brp ya dok karna saya belum ke dokter.. Dan ko saya hamil cepat padahal saya berhubungan itu saat malam pertama tp knp langsung bisa hamil ya? Makasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang cara menghitung usia kandungan melalui fitur Tanya Dokter

Selamat atas kehamilan Anda. Semoga Anda dan janin di dalam kandungan sehat selalu. kemungkinan hamil sangat tinggi bila hubungan seksual dilakukan saat masa subur. Kemungkinan inilah yang mendasari mengapa Anda langsung hamil setelah menikah. Saat masa subur, seorang wanita akan mengeluarkan sel telur yang siap dibuahi, sekalipun hanya dengan melakukan 1 kali hubungan seksual.

Sebenarnya saat ini untuk menghitung usia kehamilan lazimnya menggunakan 2 cara, yaitu:

Perhitungan HPHT

melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Apakah siklus haid Anda teratur? Bila memang teratur dan hari pertama hair terakhri Anda jatuh pada 1 April, maka usia kandungan Anda saat ini 5 minggu.

Pemeriksaan USG

metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

Untuk memastikan usia dan sehatnya kehamilan, saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Semoga Anda dan sang calon bayi senantiasa sehat hingga saatnya persalinan nanti.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait cara menghitung usia kandungan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar