Sukses

Rasa Mengganjal di Tenggorokan

05 May 2017, 06:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

slmt mlm dok , aku widie aku mau banyak tanya soal sakit dan problem ditubuh . akhir2 ini aku sering sendawa atau atob , ditenggorokan juga berasa seperti ada yg mengganjal seperti menekan pd tenggorokan ! ini kenapa ya ? mohon dijawab terimakasih dan slmt mlm ,

Terima kasih telah bertanya seputar rasa mengganjal di tenggorokan melalui fitur Tanya Dokter.

Rasa mengganjal di tenggorokan ketika menelan merupakan suatu gejala atau keluhan yang diakibatkan adanya kelainan di dalam saluran pencernaan yang paling atas, yakni orofaring dan esophagus. Keluhan ini akan bermanifestasi bila terdapat gangguan gerakan-gerakan pada otot menelan dan gangguan transportasi makanan dari mulut ke lambung. Beberapa keluhan lain yang dapat menyertai keluhan ini adalah nyeri waktu menelan, rasa terbakar di leher hingga dada, rasa mual dan muntah, muntah darah, berak berdarah, batuk dan berat badan berkurang.

Keluhan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Gangguan mekanik, sumbatan rongga esophagus oleh tumor, peradangan, penyempitan, atau penekanan dari luar
  • Gangguan motorik, adanya kelainan pada sistem saraf yang berperan dalam proses menelan
  • Gangguan menelan karena gangguan emosi

Rasa mengganjal saat menelan juga bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut LPR - laryngopharyngeal reflux. Pada LPR, asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan tenggorok meradang dan iritasi. Keluhan lain ialah suara parau, batuk kering yang dialami saat berbaring  dan setelah makan, sulit menelan, dan rasa mengganjal di tenggorokan, serta sering mendehem. Untuk memastikan kondisi ini biasanya diperlukan endoskopi khusus yang disebut FEES (flexible endoscopic evaluation of swallowing).  

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter THT supaya dapat dievaluasi penyebabnya dan ditangani dengan tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rasa mengganjal di tenggorokan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar