Sukses

Muntah Pada Anak

04 May 2017, 21:46 WIB
Pria, 7 tahun.

Selamat siang Dok, saya mau konsultasi Anak saya perempuan usia 7.5 th. Saat malam hari ketika anak saya susah tidur..tiba2 muntah sebelumnya dia merasa dingin dan telapak kakinya pun dingin (tetapi suhu badan normal - tidak panas/demam). Padahal sebelumnya sehat2 saja. Dan setelah muntah bisa tidur malam dengan cepat. Hal itu tidak terjadi dalam 1 kali. Akhir2 ini sering terjadi (sdh terjadi 4X) Padahal sebelumnya walaupun susah tidur tidak sampai muntah.

Terima kasih telah bertanya tentang Muntah Pada Anak  melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang ingin kami ajukan pada anda:

Apakah anak baru saja berganti susu? 

Apakah warna dari muntahan? Seberapa banyak muntahan?

 Apakah sebelum muntah didahului dengan batuk?

Apakah di keluarga ada riwayat epilepsi? Adakah keluhan nyeri kepala sebelumnya?

Muntah dapat merupakan suatu tanda awal adanya penyakit pada saluran cerna anak anda ataupun tanda adanya penyakit di luar saluran cerna, seperti adanya infeksi tubuh. Penyebab muntah pada anak pun dapat berbeda-beda tergantung dari usia anak. Muntah yang terus menerus dapat terjadi akibat :

  • Invaginasi usus, yaitu suatu keadaan dimana usus masuk ke dalam usus berikutnya.
  • Stenosis (penyempitan) esofagus
  • Stenosis (penyempitan) pylorus (bagian dari lambung)
  • Alergi makanan
  • Penyakit defisiensi enzim, seperti galaktosemia, sehingga keluhan muncul setiap kali anak diberikan makanan yang mengandung gula di dalamnya.
  • Infeksi saluran cerna, biasanya disertai dengan diare dan sakit perut.
  • Infeksi lain di luar saluran cerna
  • Penyakit neurologis seperti adanya desak ruang pada otak (kista, meningitis, dsb), epilepsi
  • Penyakit paru
  • dsb

Untuk mendapatkan diagnosis pasti, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak. Berikutnya akan diakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan x-ray abdomen (untuk mengetaui adanya invaginasi usus, stenosis esofagus ataupun stenosis pylorus), tes cukit kulit (untuk mengetahui adanya alergi makanan) ataupun pemeriksaan darah lengkap (untuk mengetahui adanya infeksi lain di dalam tubuh). Pemeriksaan ini dilakukan atas anjuran dokter spesialis anak, setelah anak anda diperiksa secara menyeluruh oleh dokter tersebut. Dengan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti di atas diharapkan dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan yang dialami oleh anak anda, sehingga dokter dapat memberikan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar