Sukses

Penanganan Jerawat Batu

04 May 2017, 21:46 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mau tanya di bagian wajah saya terdapat jerawat batu yg cukup bnyak apa kah itu bahaya jika di hilangka mnggunakan laser

Terima kasih telah bertanya tentang Jerawat Batu melalui fitur Tanya Dokter.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan timbulnya jerawat, yaitu:

Stress
Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
Kelenjar minyak yang terlalu aktif
Keturunan dari orangtua
Bakteri di pori-pori kulit

 

Oleh sebab itu, pengobatan jerawat perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Masing-masing individu memiliki faktor pencetus yang berbeda-beda, sehingga penanganan pun harus benar-benar individualistik. Apa yang cocok pada orang lain, belum tentu cocok pada Anda dan begitu pula sebaliknya.

 

Kondisi kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat membutuhkan waktu untuk dapat menunjukkan hasil optimal, biasanya sesudah 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

 

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Oleh karena itu, kami sarankan Anda tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat membutuhkan waktu yang lama dan terapi serta pemantauan yang konsisten. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Untuk jerawat yang keras "jerawat batu" juga dapat dilakukan penyuntikan obat golongan kortikosteroid untuk mengempeskan jerawat nanti dapat diikuti dengan ekstraksi dari jerawat dan pemakaian krim. Tindakan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter specialis kulit dan kelamin, jadi kami sarankan memang sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin.

0 Komentar

Belum ada komentar