Sukses

Cara Mengencangkan Otot Vagina

04 May 2017, 19:51 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya mau tanya, apakah otot otot sekitar daerah kewanitaan dapat dikencangkan lagi, agar saat berhubungan terasa seperti pertama kali berhubungan (otot panggul kaku dan terasa seperti masih perawan)? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar vagina longgar melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kondisi Anda. 

Vagina yang longgar dapat menurunkan sensasi dan kepuasan seksual. Dalam jangka panjang, dapat memicu turunnya gairah seksual dan keintiman.

Untuk merapatkan vagina secara alami Anda dapat melakukan senam kegel untuk kembali menguatkan otot-otot dasar panggul. Selain itu dapat juga dilakukan operasi untuk mengencangkan kembali otot otot vagina yang kendur, yang disebut dengan vaginoplasti. Dalam prosedur ini, mulut dan dinding vagina akan dirapatkan serta jaringan pendukung di sekitarnya dikuatkan. 

Vaginoplasti dapat dilakukan dengan dua teknik, yaitu dengan menggunakan pisau bedah atau laser. Keduanya tidak memiliki perbedaan dalam prosedur. Selama operasi, pasien dalam keadaan tidak sadar (menggunakan bius total).

Pasien akan merasa tidak nyaman pada daerah operasi selama beberapa hari. Anda dapat kembali bekerja dalam 2-4 hari setelah operasi, dan kembali berolahraga setelah 4 minggu. Penyembuhan sempurna baru dicapai setelah 6 minggu, baru pasien dapat kembali aktif secara seksual. 

Tentunya setiap operasi memiliki risiko, karena itu tidak semua dokter mendukung prosedur ini. Salah satu alasannya karena data mengenai kemanan dan efektifitas prosedur masih kurang. Di samping itu, terdapat risiko operasi seperti infeksi, perubahan sensasi terhadap stimulasi seksual, nyeri saat berhubungan intim (dispareunia), perlengketan dengan organ lain, dan timbulnya jaringan parut.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA) 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar