Sukses

Penebalan Dinding Rahim

04 May 2017, 18:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Ass Dok selamat pagi saya ingin bertanya, sekarang saya ini sedang mengalami penebalan di dinding rahim krn sebelumnya terjadi keputihan yg berlebih dan mens yg tidak teratur. Saat itu miss v saya berdarah (kirain menstruasi) jd yaudah sayanya santai aja eh ternyata darah yg keluar klo utk mens itu udh kelewatan bgt krn udh smpe 11hr waktunya, sy segera melakukan USG ke rmh sakit bersalin terdekat dan saat itulah dokter menyatakan bhw saya mengalami penebalan di dinding rahim lalu di berinya lah saya resep obat utk dikonsumsi selama 5hr kedpn dan dokternya bilang obat ini hrs doikonsumsi scr rutin misalkan dlm 5hr blm ada perubahan silahkan kesini lagi dan melakukan pengecekan ulang. Skrng obat yg disarankan sdh habis sy konsumsi dan blm ada menunjukan sedikitpun perubahan krn darah yg kluar sdh berlebihan bgt selama tepat 19hr ini, stlh baca2 di google penyakit ini cukup serius utk ditangani teruma dgn menggunakan metode kuret, apakah ini bnr di perbolehkan dok utk melakukan tindakan kuretase pd saat penebalan di dinding rahim? Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang penebalan di dinding rahim melalui fitur Tanya Dokter.

Penebalan dinding rahim, dalam dunia medis sering disebut dengan hiperplasia endometrium. Penebalan dinding rahim karena ketidakseimbangan hormonal, terjadi peningkatan hormon estrogen yang tidak diimbangi oleh hormon progesteron. Memang penebalan dinding rahim sering menyebabkan rasa sakit atau perdarahan melalui vagina yang memanjang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya anemia (kurang darah). Hiperplasia endometrium bukanlah kanker, namun dalam beberapa kasus dapat berkembang menjadi kanker.

Hiperplasia endometrium terbagi menjadi 3 tipe yaitu: Simplek, Kistik, Atipik. Penderita hiperplasia endometrium Simplek dan Atipik masih dapat hamil. Penanganannya individual tergantung pada keparahan ketebalan endometrium Anda apakah dengan tindakan kuretase, pemberian obat hormon atau jika terdeteksi adanya kemungkinan kanker maka biasanya dilakukan pengangkatan rahim (histerektomi). Untuk itu hal ini paling baik didiskusikan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda dan memang sebaiknya ditangani karena perdarahan yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kurang darah, lemas dan mengganggu aktivitas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penebalan di dinding rahim. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar