Sukses

Penebalan Dinding Rahim

04 May 2017, 17:57 WIB
Wanita, 38 tahun.

Aslkm dok...bulan lalu saya kedokter kandungan, karena mengeluh sakit dibagian bawah perut, kemudian setelah diperiksa, kata dokter itu karena ada penebalan dinding rahim, setelah itu dokter memberikan saya obat, bulan ini saya haid tetapi haid saya sekarang lebih dari satu minggu, tapi masih blm selesai, trus keluar seperti darah beku dan cukup banyak. Pertanyaan saya apakah gangguan haid saya ini pengaruh dari obat tersebut? Apakah hal seperti ini normal? Karena biasanya saya haid tdk lebih dari satu minggu. Mohon penjelasannya dok...terimakasih, wassalam...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang penebalan dinding rahim melalui fitur Tanya Dokter.

Penebalan dinding rahim, dalam dunia medis sering disebut dengan hiperplasia endometrium. Penebalan dinding rahim karena ketidakseimbangan hormonal, terjadi peningkatan hormon estrogen yang tidak diimbangi oleh hormon progesteron. Memang penebalan dinding rahim sering menyebabkan rasa sakit atau perdarahan melalui vagina yang memanjang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya anemia (kurang darah). Hiperplasia endometrium bukanlah kanker, namun dalam beberapa kasus dapat berkembang menjadi kanker.

Obat apakah yang diberikan oleh dokter Anda? Sayang sekali Anda tidak menyebutkan jenis obat yang dokter Anda berikan tersebut. Karena memang betul obat - obatan hormonal bisa menyebabkan gangguan haid. Namun untuk mengetahui apakah keluhan gangguan haid Anda disebabkan oleh obat yang diberikan, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mengetahui jenis obat apakah yang diberikan oleh dokter Anda. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penebalan dinding rahim. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar