Sukses

Kuret dan Keguguran

04 May 2017, 17:42 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter saya mau tanya...kmrn saya mengalami keguguran...dan saya konsultasi ke dokter kandungan...dan dikasih saran harus kuret apa minum obat..saya pilih minum obat buat keluarin darah yg tersisa..dan setelah 3 hr sudah tidak keluar darah lagi ...apa saya masih perlu kuret dok...usia janin kmrn sekitar 6 minggu...terimakasih dokter mohon infonya..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang kuret dan keguguran melalui fitur Tanya Dokter.

Keputusan perlu atau tidak dikuret akan diambil setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi kandungan Anda saat mengalami keguguran. Oleh karena itu harus diketahui terlebih dahulu kondisi kehamilan anda dan jenis kegugurannya. Kuret hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion.

Ada / tidaknya sisa jaringan janin dapat dilihat melalui pemeriksaan USG. Apabila dokter anda menyarankan anda untuk melakukan kuret, berarti masih terdapat sisa jaringan janin yang harus dikeluarkan dengan segera. Sebagai alternatif adalah penggunaan obat yang dapat meningkatkan kontraksi otot rahim, namun metoda memiliki tingkat keberhasilan yang lebih rendah. Jadi untuk memastikan apakah masih terdapat sisa jaringan atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan USG lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kuret dan keguguran. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar