Sukses

Nyeri saat BAK

04 May 2017, 17:18 WIB
Pria, 25 tahun.

saluran kencing trasa perih, dsn kadang gatal...lebih trasa ketika kencing dipagi hari trasa pedih...tapi tidak ad nanah keluar...dan setelah kencing suka masih keluar air kencing sedikit tanpa di sadari...ejakulasi trasa sakit dan sudah mengalami pengobatan sembuh sebentr dan kumat lagi...mohon bantuaan arahan dokter

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri saat BAK melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Nyeri ketika BAK pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti anyang-anyangan? Warna urin yang berwarna kuning pekat bisa menjadi pertanda dehidrasi atau kurangnya konsumsi cairan.

Kami sarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mengetahui penyebab dari nyeri BAK yang Anda rasakan. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari nyeri BAK yang Anda alami.

Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)

Hindarilah kebiasaan menahan kemih

Jagalah kebersihan daerah kemaluan

Hindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang nyeri saat BAK. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar