Sukses

Penyebab Haid Tidak Teratur

04 May 2017, 15:54 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, mau nanya... Apakah haid yang tidak teratur itu pengaruh dari pola makan kita selama haid? Haid yang tidak teratur yang saya maksudn ialah bulan pertama saya haid awal bulan, tapi ketika bulan selanjutnya saya tdk mengalami haid, masuk bulan ketiga saya haid tapi terkadang dapat di tengah/akhir bulan. kejadian pertama terjadi ketika saya duduk di kelas 2SMA saat itu saya punya kebiasaan sering jajan mie rebus di kantin sekloh, masuk kuliah pola makan mulai tdk teratur, itu barulah kejadian kedua. Seiringnya waktu kejadian itu sering terulang bahkan sampai skrg sudh kurng lebih mengalami 5 kali. Saya sering menyanhkutkannya dengan pola makan saya. Ketika saya haid dan pola makan yang saya konsumsi tdk saya jaga (mis. Minum minuman dingin ataupun makan junkfood) sampai haid saya selesai maka haid utk bulan depannya akan berantakan. ketika haid pun saya mengalaminya selama 1 minggu, tapi 1 bulan lalu haid saya keluar selama 4 hari dan kejadiannya saya tdk mengalami haid dibulan selanjutnya barulah bulan berikutnya saya haid di awal bulan. Apakah yang terjadi dengan pola haid saya itu betul ada hubungannya dengan pola makan saya? Ataukah ada hal lainnya? Dan bagaimana cara menanganinya? Makasih dok...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Siklus haid tidak teratur dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan organ reproduksi. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid
Untuk mengetahui ada/tidaknya gangguan organ reproduksi memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan ulang terkait kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang haid tidak teratur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar