Sukses

Nyeri Dada: Angina?

04 May 2017, 13:38 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok setiap saya berdiri lama lebih dari 15 menit, saya merasakan nyeri di dada, sesak nafas, mual, tenggorokan pahit, keringat dingin, berkunang-kunang, dan seketika itu juga tubuh saya terasa sangat lemas, saya bisa langsung jatuh tergeletak tapi saya tidak pingsan karna saya masih sadar. Apakah itu gejala angina pektoris? Dan apakah itu tandanya saya ada gangguan jantung? Saya ingin sembuh dok, karna sejak dari kelas 3 SD saya sering sekali seperti itu. Tapi adakah solusi agar saya bisa hidup normal kaya yang lain? Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri dada melalui fitur Tanya Dokter.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda? Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti parasetamol atau obat antiinflamasi lain.

EKG (Elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan dasar untuk mengetahui kelainan pada jantung. Untuk kasus penyumbatan, EKG dapat mendeteksi bila ada iskemia otot jantung (kekurangan oksigen) ataupun infark otot jantung (kematian otot jantung) yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Dengan EKG treadmill, sensitivitas dan spesifisitas untuk mendeteksi kelainan sumbatan kira-kira 75-85%. Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan EKG treadmill?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang nyeri dada. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar