Sukses

Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat Jika Cemas

04 May 2017, 12:21 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat pagi kenapa telapak tangan saya sering berkeringat itupun hanya telapak tangan dan kaki tidak keseluruh bagian tubuh hanya tangan dan kaki itu kenapa ya dok? Munculnya disaat saya sedang panik atau tegang apa ada solusinya terimakasih

Terima kasih Anda telah bertanya seputar telapak tangan dan kaki berkeringat melalui fitur Tanya Dokter.

Telapak tangan dan kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Untuk gangguan psikis kerap terjadi karena faktor stres atau mengalami gangguan cemas. Selengkapnya bisa dibaca di sini: Apakah Saya Mengalami Gangguan Cemas?

Hingga saat ini, belum ada penanganan alami yang memberikan efek memuaskan. Bila keluhan ini sangat mengganggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk ditentukan penyebabkan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi mengenai keluhan Anda:

Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mengurangi kecemasan yang dialami:

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Semoga bermanfaat (FA).

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar