Sukses

Kesemutan di Jari Tangan

04 May 2017, 12:09 WIB
Wanita, 21 tahun.

Permisi dok, saya mau nanya. Sudah bbrapa hari ini jari tengah sama jari manis saya sblah kanan brasa spt kesemutan. Se ingat saya awalnya itu gara2 saya mecahin es batu trus tngan brasa kedinginan. Saya juga takut klo ini akibat terlalu sering makan ayam. Saya takut klo ini asam murat, pdhal kam usia sya masih muda. Minta solusi nya dong dok. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang kesemutan melalui fitur Tanya Dokter.

Secara definisi kesemutan adalah sensasi abnormal pada kulit. Keluhan ini dapat berlangsung sementara atau jangka panjang dengan penyebab yang berbeda.

Sebagai penyebab kesemutan yang sementara antara lain adalah penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur), frekuensi napas cepat, serangan panik, dehidrasi (kurang cairan), kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan, dsb. Sedangkan kesemutan kronis dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
gangguan jantung dan pembuluh darah
gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
infeksi dan sindrom post-infeksi
gangguan jaringan ikat dan imunitas
kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
kurang nutrien: vit B1 (beriberi), vit B5 dan B12
keganasan
dsb

Untuk itu guna memastikan penyebab dari kesemutan yang Anda alami, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kesemutan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar