Sukses

Air Ketuban Berkurang

04 May 2017, 09:36 WIB
Wanita, 25 tahun.

Begini dok,saya mau konsultasi seputar kehamilan. Usia kehamilan sy skrg sudah masuk 38 minggu,3 hari yg lalu sy cek kesehatan ke dokter kandungan..alhamdulillah plasenta bagus, bb janin bagus, detak jantung bagus, janin aktif, posisi janin pun sudah masuk ke panggul, air ketuban jernih, hanya sj ada sdkit mslah volumenya sudah berkurang seperti usia kandungan 40 minggu.. pdhl tak ada kebocoran ketuban sebelumnya. Yg ingin sy tanyakan,,apabila seminggu ini belum jg ada kontraksi,apakah sy bisa melahirkan dengan normal?dan apkah volume air ketuban akan berkurang lagi?

Terima kasih telah bertanya tentang air ketuban berkurang melalui fitur Tanya Dokter

Untuk melahirkan normal, ada batasan air ketuban dengan jumlah minimal tertentu. Seiring bertambahnya usia janin, air ketuban memang cenderung akan berkurang. Selama masih dalam kisaran normal, maka Anda tetap dapat melahirkan dengan cara normal. Untuk itu sebaiknya Anda berdiskusi langsung dengan dokter kandungan Anda.

Bila memang jumlahnya sangat berkurang, dpat terjadi suatu kondisi yang dinamakan oligohidramnion. Air ketuban yang berkurang di dalam dunia medis dikenal dengan nama oligohidramnion. Air ketuban adalah cairan yang dihasilkan oleh janin dan selaput yang mengelilinginya. Oligohidramnion dapat disebabkan karena kehamilan lewat waktu, gangguan pertumbuhan pada janin, penyakit ibu (tekanan darah tinggi, diabetes), atau gangguan ginjal pada janin.

Oligohidramnion dapat menyebabkan gangguan tumbuh-kembang pada janin atau komplikasi selama kehamilan. Hal ini harus terus dipantau oleh dokter untuk memastikan kadar air ketuban cukup dan perkembangan janin sesuai dengan masa kehamilan. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah meningkatkan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang, tingkatkan asupan cairan, banyak istirahat, hindari merokok atau perokok pasif, dan selalu berkonsultasi ke dokter apabila terjadi tanda-tanda gangguan pada kehamilan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait air ketuban berkurang. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar