Sukses

Penyebab Sendawa

04 May 2017, 10:06 WIB
Pria, 36 tahun.

Malam dok, sudah sebulan ini setiap hari saya selalu berolah raga di rumah seperti lari di tempat, push up dan sit up dengan tujuan untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut. Tapi masalahnya adalah akhir-akhir ini setiap malam hari saat tidur saya selalu merasakan sakit di tulang belikat kiri belakang saat di pijat seperti orang masuk angin dan ini terasa sampai bangun pagi tapi saat sudah mulai beraktifitas itu hilang dok rasa sakitnya nanti muncul lagi saat tidur di malam hari. Ini kenapa ya dok? Kira-kira apa pemecahannya ya dok? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab sendawa menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Penyebab sendawa adalah sebagai berikut:

Diet

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

Asupan udara

Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Berbaring setelah makan

Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stress berlebih.

Bagaimana dengan Anda?

Apakah ketiga hal tersebut ada pada diri Anda?

Jika tidak, dokter mungkin dapat membantu mencari penyebab dengan melakukan wawancara medis secara langsung dan pemeriksaan lebih lanjut. Terapi harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Demikian penjelasan tentang penyebab sendawa yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar