Sukses

Nyeri Pasca Operasi SC

04 May 2017, 10:06 WIB
Wanita, 27 tahun.

Pg, mw nanya dok... Kok pasca op. SC sy mrasa bbrapa bag. Tubuh kok kdang sakit? Sulit sy menggambarkan sakit.ny tp lbih sperti nyeri dgn skala 2/3 at tegang.. tp sakit.ny brpindah2.. kdang2 muncul dgn durasi 2 mnit sj n hilang. apkh it pngaruh pasca DC ay sperti ap y dok? Sy Nb: sy SC 17 bulan yg lalu.. Trmksih

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri pasca operasi SC menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Izinkan kami untuk memperjelas maksud pertanyaan Anda. Apakah yang Anda maksud masih merasakan nyeri di tempat bekas operasi caesar?

Perut yang terasa sakit pada wanita yang baru mengalami operasi sesar dapat terjadi bila melakukan aktivitas tertentu. Hal ini dapat disebabkan karena proses penyembuhan yang terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri. Proses penyembuhan luka operasi sesar sendiri dapat memakan waktu antara 3-6 bulan untuk sampai penyembuhan total.

Sedangkan penyembuhan luka jahitan di kulit perut umumnya membutuhkan 3-4 minggu. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Anda tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Jika nyeri terjadi setiap saat, perlu dilakukan pemeriksaan kontrol dengan dokter sebelumnya terutama pada luka bekas operasi caesar, dengan cara USG maupun pemeriksaan dalam.

 

Segeralah Berkonsultasi dan jangan tunda waktu kunjungan ke dokter jika terdapat gejala-gejala: Luka bekas operasi terlihat kemerahan, bengkak atau terdapat cairan yang keluar, Demam lebih dari 38C dan Nyeri hebat pada luka operasi

Lakukan Pemeriksaan Berkala : Sekitar 2 minggu setelah melahirkan, sebaiknya periksakan diri Anda dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa luka operasi, perut, vagina, rahim dan mulut rahim Anda sembuh dengan sempurna.

Sewaktu memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan payudara, berat badan dan tekanan darah Anda. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai metode dan jenis kontrasepsi serta cara menyusui.

Demikian informasi tentang nyeri pasca operasi SC  yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar