Sukses

Gatal pada Mata Bayi

04 May 2017, 09:06 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi dokter... anak saya umur 2 bulan.. ada biang keringat di kelopak matanya dan terasa gatal karena dia sering menggosok gosok mata. Hingga kelopak matanya memerah dan sdkt membengkak.. ini sudah hari ke 2.. Sebaiknya diberikan obat apa ya dok? Apakah boleh memakai switzal baby cream with extra care? Terima kasih..

Terima kasih telah bertanya tentang gatal pada mata bayi melalui fitur Tanya Dokter

Gatal pada mata bayi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti iritasi, alergi dan gigitan serangga. Gejala alergi terjadi ketika mata berkontak dengan suatu zat yang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh – walaupun sebenarnya tidak. Bahan tersebut bisa berupa debu, asap rokok, asap kendaraan bermotor, serbuk sari bunga, spora jamur, tungau debu rumah, bulu binatang, parfum, klorin, kosmetik, dan obat-obatan tertentu.

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala alergi tersebut adalah meneteskan air garam steril (steril saline) ke mata Si Kecil. Tetes mata yang dijual di pasaran juga dapat meredakan mata merah. Namun untuk bayi dan anak kecil, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter. sebaiknya jangan gunakan produk apapun yang tidak ditujukan khusus untuk penggunaan sekitar mata. Hal ini untuk menghindari produk masuk secara tidak sengaja ke dalam mata yang justru dapat menimbulkan iritasi.

Dokter dapat memberikan tetes mata antihistamin atau dekongestan untuk meredakan gejala konjungtivitis alergi. Selain itu, Si Kecil juga dapat meminum sirop antihistamin sebagai pengobatan sistemik.

Obat-obatan tersebut hanya dapat mengatasi gejala pada satu waktu saja. Jika Si Kecil terpapar lagi oleh alergen, ia akan mengalami gejala yang sama. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali alergen penyebab alergi dan menjauhkannya dari Si Kecil.

Selain itu, ada hal-hal yang perlu Anda cermati, seperti:

  • Usahakan si kecil agar tidak mengucek matanya. Untuk meredakan gatal, kompres matanya dengan air dingin.
  • Jika Si Kecil alergi serbuk sari bunga, bertamasya ke taman ketika bunga-bunga sedang bermekaran perlu diantisipasi. Jika tidak mungkin dihindari, anak dapat menggunakan kacamata atau mengonsumsi antihistamin sebelumnya.
  • Sering-seringlah membersihkan rumah dari debu dengan mengelap, menyedot debu, menyapu, dan mengepel. Cuci set seprai dengan air panas untuk membunuh tungau.
  • Jemur bantal dan kasur secara berkala. Jangan menggunakan matras yang sudah berumur jika Si Kecil sensitif terhadap tungau, karena matras lama telah banyak menyimpan tungau dan debu di dalamnya.
  • Jika Si Kecil alergi terhadap bulu binatang, memang idealnya Anda tidak memelihara hewan berbulu di rumah.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait gatal pada mata bayi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar