Sukses

BAB Bayi Kehijauan, Normalkah?

04 May 2017, 05:41 WIB
Pria, 32 tahun.

Salam. . . Saya ingin Bertanya, anak Saya sekarang berusia 5 Bulan. Dari sejak lahir tidak pernah d bere asi. Saya memberikan susu formula bmt platinum Dari morinaga. Pada Saat usia 1 s.d 3 Bulan. Faces nya warna kuning. Dari usia 3 Bulan ke atas faces nya berubah menjadi hijau Sampai sekarang. Sekarang berat badan nya sudah mencapai 7,6kg. Pola makan bagus tidak menurun. Yang ingin Saya tanyakan apa tidak apa" faces yang berwarna hijau seperti itu? Apa Ada solusi nya biar faces anak Saya tidak berwarna hijau lagi! Terimakasih.

Terimakasih telah beratanya seputar BAB bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Karakteristik BAB bayi yang minum susu formula saja yaitu berwarna kuning kecoklatan, dengan tekstur yang lebih padat daripada BAB bayi ASI. BAB cenderung kental dan menempel di popok. Selain itu, BAB bayi yang minum susu formula juga cenderung lebih berbau asam dibandingkan bayi ASI. Frekuensinya juga lebih jarang. Untuk bayi Anda, usia 5 bulan, rata-rata 1 kali sehari, kadang lebih.

BAB bayi yang normal memiliki warna dapat berubah-ubah, kuning, kehijauan, atau coklat. Kadang-kadang bayi tidak BAB sama sekali selama 1-2 hari, bahkan 1 minggu. Tidak perlu cemas selama bayi masih mau minum dan berat badan bertambah.

Sedangkan BAB bayi yang tidak normal (dan sebaiknya Anda konsultasi ke dokter anak Anda) biasanya disertai lendir, air, atau darah, yang dapat merupakan tanda alergi atau infeksi. BAB yang terlalu keras dapat merupakan tanda sembelit pada bayi.

Dari ceritanya, sepertinya kondisi tumbuh kembang anak Anda baik-baik saja. BAB yang kehijauan bisa saja karena kurang cocok dengan susu formula yang diminum, sekalipun sebelumnya tidak masalah. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk memastikan apakah susu formula yang digunakan sudah cocok atau belum. Dan bila Anda ingin mengganti merk susu formula sebaiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar BAB bayi. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar