Sukses

Tekanan Mata Tetap Tinggi Setelah Operasi Glaukoma

04 May 2017, 05:39 WIB
Wanita, 35 tahun.

Mau nanya dok, Setelah melakukan operasi glukoma, knp tekanan msh tetap tinggi? Msh sering pusing bahkan sampe muntah2 ? Trimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar operasi glaukoma melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Operasi glaukoma yang umum dilakukan berupa prosedur trabekulektomi. Trabekulektomi memotong sebagian jaringan trabekula agar air di dalam mata bisa keluar melalui dinding mata. Dengan demikian, tekanan bola mata tetap terjaga.

Tujuan dari operasi glaukoma adalah agar seseorang dapat melihat dengan nyaman dan tajam tanpa terganggu dengan pengobatan glaukoma yang berulang-ulang.

Operasi glaukoma tidak serta merta menurunkan tekanan bola mata. Pada bulan-bulan pertama pasca operasi, tekanan bola mata justru masih sedikit lebih tinggi dari target agar mata tidak 'kaget' dengan perubahan yang terjadi. Biasanya pada kunjungan hari pertama, minggu pertama, dan minggu ketiga (total ada 4 kunjungan/kontrol dokter), tekanan bola mata Anda masih lebih tinggi dari target. Tekanan bola mata yang tiba-tiba rendah dapat menyebabkan gangguan penglihatan seperti buram atau penglihatan ganda.

 

Target tekanan bola mata bervariasi antarindividu. Sebab, tiap individu memliki baseline tekanan bola mata yang berbeda-beda pula. Umumnya, target yang ingin dicapai adalah 20% lebih rendah dari baselineMisalkan tekanan bola mata Anda 25 mmHg, maka target tekanan bola mata pasca operasi adalah 20 mmHg.

Jangan lupa untuk kontrol rutin dengan dokter yang merawat Anda di bulan-bulan awal pasca operasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar operasi glaukoma. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar