Sukses

Candidiasis Oral pada Anak

03 May 2017, 09:28 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok, anak saya yg usia 1,5 thn kena candidiasis oral dan sudah diberi obat (pertama mycostatin oral suspension ready mixed, tapi krn belum sembuh total sementara obat sudah habis maka diberi fluconazole bentuk serbuk) saat ini sudah mulai sembuh, tetapi kakaknya juga tertular baru beberapa hari ini. Kakaknya usia 5 thn, mulai terlihat sedikit bintik2 putih di mulut bagian dalam bagian kerongkongannya. Kakaknya blm merasakan sakit, masih makan biasa. Saya takut jamurnya akan menular kembali ke adiknya setelah obat adiknya habis, jadi baiknya bagaimana ya dok ? Sampai saat ini kakaknya blm periksa dokter, baru saya suruh kumur2 air garam setiap selesai sikat gigi. Terimakasih sebelumnya ya dok.

Terima kasih telah bertanya mengenai candidiasis oral pada anak melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Berapakah usia anak anda? Oral Thrush atau candidiasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur candida. Candida dalam jumlah kecil merupakan flora normal di mulut. Candidiasis umum dijumpai pada mulut bayi yang dapat disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan di mulut bayi atau karena pertumbuhan berlebih candida di mulut bayi akibat dari sebab yang tidak diketahui.

Banyak kasus ringan yang hanya muncul dalam waktu singkat dan sembuh tanpa pengobatan. Obat nystatin merupakan salah satu alternatif pengobatan candida. Umumnya sudah terdapat perbaikan setelah 7 hari dari hari pertama pengobatan.

Setelah obat diberikan, jangan dibilas dengan air putih, cukup didiamkan karena obat akan bekerja di area yang terkena jamur. Apabila terdapat rontokan, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang steril. Candidiasis dapat berulang pada bayi. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips di bawah ini :

Secara teratur, sterilkan botol susu anak Anda, terutama dot susu anak Anda
Apabila dot sudah lama, secara berkala ganti dengan dot yang baru
Sterilkan semua mainan mulut yang sering dimasukkan ke mulut anak Anda
Setiap kali habis menyusu, bersihkan mulut anak Anda dengan air bersih secukupnya atau kassa basah untuk menghindari penumpukan sisa susu yang dapat menyebabkan perkembangan jamur berlebih

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai candidiasis oral pada anak . Semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar