Sukses

Mengapa Gigi Harus Ditambal Sementara Padahal Lubang Tidak Besar

03 May 2017, 17:22 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok hari ini saya baru tambal gigi, tapi baru tambal sementara, 2minggu nanti datang lagi untuk di tambal permanen. Yang mau saya tanyakan dok kenapa gigi saya tidak bisa di tambal permanen langsung dan kenapa haru menunggu sampai 2minggu ya dok? (gigi saya berlubang hanya pada daerah email, lubangnya tidak besar dan tidak ngilu, pas di bersihkan kotorannya saya tidak merasa ngilu, dari sebelum sampai sesudah tambal sementara ini dok)?

Terimakasih telah bertanya tentang mengapa gigi harus ditambal sementara padahal lubang tidak terlalu besar melalui fitur Tanya Dokter.

Biasanya Tambalan ini dibutuhkan di antara perawatan gigi yang tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan. Misalnya pada gigi yang berlubang cukup dalam sehingga tidak dapat langsung ditambal permanen, maka diberi obat didalamnya untuk meredakan ngilunya sementara karena dibersihkan, biasanya 3-5 hari sudah cukup. Setelah itu tambalan sementara dibuka untuk digantikan tambalan yang permanen seperti kasus anda. Biasanya setelah gigi sudah tidak ngilu, sebelum penambalan permanen, dokter gigi akan membersihkan kembali lubang gigi tersebut dengan bur agar bersih dan tidak ada tertinggal lagi jaringan gigi yang rusak. Kasus lainnya tambalan sementara dilakukan pada perawatan saluran akar, di mana lubang gigi yang sedang dirawat tidak dapat dibiarkan terbuka, namun belum dapat dibuatkan restorasi akhir. Oleh karena itu dibuatkan tambalan sementara, di antaranya bahan semen zinc phosphat, atau zinc eugenol. Semen tersebut memiliki kelarutan yang cukup tinggi dan kekuatannya tidak begitu tinggi sehingga memang hanya bersifat sementara dan pembongkarannya pada saat kunjungan berikutnya tidak begitu sulit. Tambalan sementara juga bertujuan untuk memastikan apakah gigi masih bisa ditambal permanen atau tidak, karena kadang pada lubang yang dalam bisa jadi kuman sudah menembus ke tempat saraf walaupun kerusakan gigi terlihat belum sampai kamar saraf.

Sedangkan dalam kasus anda, bisa jadi tambalan sementara digunakan untuk memastikan apakah gigi anda benar-benar aman untuk dilakukan penambalan sinar pada kunjungan berikutnya. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengapa gigi harus ditambal sementara padahal lubang tidak terlalu besar , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar